Halaman

Jumat, 23 Desember 2011

Pancasila, UUD 1945 dan GBHN (4Jpl)

   Pancasila, UUD 1945 dan GBHN (4Jpl)

a.     Diskripsi singkat
Mata pelajaran ini, membahas Pancasila dan pelestariannya, pokok-pokok yang terkandung dalam UUD 1945 serta pokok-pokok GBHN.

b.     Tujuan Instruksional Umum (TIU)
     Setelah mengikuti mata pelajaran ini, peserta diharapkan dapat memahami tentang pokok-pokok yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945 dan GBHN.

c.     Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
    Setelah mengikuti mata pelajaran ini, peserta dapat melaksanakan butir-butir P-4, pola pelaksanaan dan pengamatan P-4, serta pokok-pokok yang terkandung dalam UUD 1945 dan GBHN.

d.     Pokok Bahasan
1)    Pendahuluan
2)    Pelestarian Pancasila
3)    Butir-butir P-4
4)    Pancasila sebagai odeologi terbuka
5)    Pokok-pokok UUD 1945
6)    Pokok-pokok GBHN

e.     Sub Pokok Bahasan
1)    Pndahuluan
2)    Pelestarian Pancasila :Pengertian-pengertian
n      Lima kunci pokok P-4
n      Eka Prasetya Panca Karsa
3)    Pancasila sebagai ideologi terbuka
n      Nilai dasar ideologi
n      Nilai instrumen
n      Nilai praktis
4)    Pokok-pokok UUD 1945
n      Pembukaan UUD 1945
n      Batang tubuh UUD 1945
n      UUD 1945 dalam gerak pelaksanaannyaa
5)    Pokok-pokok GBHN
n      Pengertian GBHN
n      Proses penyusunan GBHN
6)    Materi GBHN

f.       Metode dan Media
1)    Cermah
2)    Tanya jawab
3)    Diskusi
4)    Observasi (pengamatan)
5)    OHP
6)    Transparan

g.     Daftar pustaka

a.     Diskripsi singkat
Mata pelajaran ini, membahas tentang konsep kewaspadaan kesiapsiagaan mental, ideologi serta berbagai ancaman baik dari golongan ekstrim maupun bahaya laten komunis.

b.     Tujuan Instruksional Umum (TIU)
      Setelah mengikuti mata pelajaran ini, peserta memahami sikap waspada dan siaga untuk emngamalkan Pancasila.

c.     Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
 Setelah mengikuti mata pelajaran ini, peserta mampu menjelaskan adanya sumber macam-macam ideologi yang mengancam kelestarian Pancasila, ancaman dan bahaya laten serta golongan ekstrim lainnya.

d.     Pokok Bahasan
1)    Kondisi yang berpengaruh konsep kewaspadaan nasional
2)    Ancaman dan bahaya laten komunis dan golongan ekstrim.



e.     Sub Pokok Bahasan
1)    Kewaspadaan dalam rangka menghayati dan mengamalkan Pancasila
2)    Kewaspadaan dalam rangka menegaskan UUD 1945
3)    Kewaspadaan dalam rangka melaksanakan Pembangunan.

f.       Metode dan Media
1)    Cermah
2)    Tanya jawab
3)    Diskusi
4)    Observasi (pengamatan)
5)    OHP
6)    Transparan

g.     Daftar pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar